Fungsi-Uang

Fungsi Uang: Tak Hanya Sebagai Alat Tukar Saja!

Kegunaan fungsi uang terbagi menjadi dua jenis yaitu peranan asli serta turunannya. Oleh karenanya, keberadaan duit jadi penting karena peranannya.

Peranan penting duit tentu membuat keberadaannya mendapatkan aturan ketat dari sebuah negara melalui peraturan perundangan.

Pengertian Fungsi Uang

Duit menjadi unsur krusial terutama pada proses perdagangan atau perekonomian sebuah negara. Benda penting tersebut bisa Anda gunakan sebagai alat untuk pembayaran barang serta jasa atau menjadi aset berharga. KBBI mengartikan duit sebagai standarisasi pengukuran nilai yang berasal dari pemerintah.

Fungsi turunan uang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan penduduk pada wilayah tertentu. Sebab, aset berharga tersebut memiliki peranan penting saat masyarakat melakukan transaksi pembelian baik barang maupun jasa. Mulanya, alat tukar tersebut tak begitu dikenal, sebab masyarakat menggunakan sistem barter.

Seiring perkembangan zaman, munculnya alat tukar berupa uang menjadi alternatif baru menggunakan uang logam. Mempertimbangkan masalah efisiensi, maka mulia muncul uang kertas. Atas dasar beberapa hal berikut, barulah sebuah pemerintahan bisa memutuskan sebagai pembayaran:

fungsi-uang
  • Faktor acceptability
  • Mempunyai nilai yang stabil
  • Dapat bertahan lebih lama
  • Sangat mudah untuk membawanya
  • Memiliki sifat elastis

Mengenali Apa Saja Fungsi Uang

Faktanya, fungsi uang terdiri dari dua kategori, yakni primer serta turunannya. Agar lebih jelas, cermati ulasan berikut:

  • Peranan Primer

Tak hanya memiliki peranan menjadi alat untuk penukaran, melainkan juga fungsi lainnya, seperti:

  • Means of Payment

Fungsi asli uang yaitu sebagai alat untuk penukaran. Awalnya sistem barter berlaku di negara ini, kemudian setelah perkembangan ekonomi, maka tak berlaku lagi karena kurang efisien. Duit sebagai solusi memudahkan transaksi penjualan serta pembelian.

  • Sebagai Penyimpan Nilai

Duit mempunyai peranan utama untuk menyimpan sebuah nilai, sebab akan digunakan pada masa mendatang. Peran tersebut memungkinkan setiap perencanaan keuangan bagi individu serta bisnis saat menghadapi ketidakpastian.

  • Satuan Hitung

Fungsi uang lainnya yaitu sebagai alat satuan hitung, sehingga dapat Anda jadikan alat untuk menunjukkan kekayaan seseorang. Terdapat peranan lain dari uang, yakni bisa memperlihatkan nilai barang serta jasa.

  • Peranan Turunan

Selain mempunyai peranan utamanya, ternyata duit mempunyai peran turunan, yaitu:

  1. Duit memiliki peran turunan sebagai alat membayar barang maupun jasa
  1. Adanya duit berguna membentuk modal, sebab dapat Anda gunakan demi membangun bisnis serta dapat menghasilkan keuntungan.
  1. Tak seluruh bentuk kekayaan seseorang memiliki sifat fleksibilitas. Oleh karenanya, Anda memerlukan duit sebagai alat untuk memindahkan kekayaan.
  1. Duit mempunyai peranan sebagai alat untuk mengukur barang atau menjalankan peranan sebagai penunjuk harga.

Mengenal Jenis-jenis Uang

Setelah memahami fungsi uang, maka memerlukan kecermatan pada jenis-jenisnya. Jika meninjaunya dari segi karakteristiknya, duit terbagi menjadi:

  • Segi Karakteristik

Ketika melihat dari melalui ciri khasnya, jenis uang terdiri dari duit kartal dan giral. Jenis duit tersebut mempunyai wujud fisik, contohnya duit koin atau kertas. Representasi dari duit berwujud fisik mendapatkan pengesahan dari pemerintah untuk keperluan sehari-hari.

Sedangkan jenis giral tak berwujud fisik, melainkan mempunyai yang tercatat melalui credit card atau transfer.

  • Segi Bahan

Ketika meninjau dari segi bahan, maka duit terbagi menjadi logam dan kertas. Koin termasuk duit logam yang mempunyai keunggulan dari segi daya tahannya, sehingga umur pakainya lebih lama. Sedangkan duit kertas menjadi pilihan umum untuk transaksi lebih mudah membawanya serta nyaman.

Kesimpulan

Memahami fungsi uang akan membantu Anda lebih mudah menggunakannya. Seiring perkembangan zaman, peranan serta jenis duit juga mengalami perubahan. Selain sebagai alat penukaran, duit juga memiliki peranan lain, salah satunya sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi pada sebuah negara.

Hannah Mccoy http://dispatchertrucking.com

Halo, nama saya Hannah McCoy. Saya adalah seorang penulis yang senang menjelajahi dunia melalui kata-kata. Saya akan membagikan berbagai infomasi mulai dari berita terkini, update informasi digital dalam blog saya ini. Jangan sampai Anda melewatkan setiap update artikel saya ya !

You May Also Like

More From Author